top of page

Sudah Baca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur?


Surah Al-Mulk merupakan surah ke-67 dalam Al-Qur’an yang terdapat pada awal juz 29 dan tergolong surah "makkiyah" yang terdiri dari 30 ayat. Dinamakan Surah Al-Mulk karena kata Al-Mulk yang terdapat pada ayat pertama surah ini, yang artinya “kerajaan”. Kerajaan yang dibahas di sini adalah mengenai kerajaan langit dan bumi milik Allah sebagai simbol ke-Maha Rajaan Allah Subhanallahu wa ta'ala. Surah Al-Mulk ini juga bisa disebut sebagai "At-Tabaarak" yang artinya Maha Suci.

Tahukah kalian bahwa ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan membaca Surah Al-Mulk? Nah, agar langkah kita semakin ringan dalam menghafalkan dan istiqomah membacanya sebelum tidur, sebaiknya kita simak terlebih dahulu manfaat dan keutamaannya berikut ini :

1) Diantara Surah yang Diperhatikan Nabi Muhammad SAW Dari Jabir bin Abdillah berkata, “Rasulullah tidak tidur pada malam hari sehingga dia membaca (Alif Laam Miim, Tanzil) dan (Tabaaraka Biyadihil Mulku).” (H.R. Tirmidzi). 2) Menjadi Syafa'at dan Mendapatkan Pengampunan Dosa Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ada surah dari Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surah tersebut dapat memberikan syafa’at bagi "temannya" (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surah Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (H.R. Abu Dawud) 3) Terhindar dari Siksa Kubur dan Siksa Neraka Dari Abdullah bin Mas’ud mengatakan: “Barangsiapa membaca Surah Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya “Al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). "Sungguh surah tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (H.R. Nasa’i) 4) Terhindar dari Maksiat Dengan memahami tafsir Surah Al-Mulk, maka kita akan semakin memahami kebesaran Allah. Akibatnya, kita akan lebih taat pada Allah dan takut untuk melakukan maksiat, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. “Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah” (Q.S. Al-Mulk : 12)

Setelah mengetahui besarnya fadhilah dari membaca Surah Al-Mulk ini, tentunya kita menjadi lebih bersemangat lagi dalam mengamalkannya, bukan? Nah, jangan sampai kita tidur dalam keadaan tidak berwudhu dan tidak membaca surah Al-Mulk ya. Sebab kematian bisa datang kapan saja, termasuk saat kita tidur. Bukankah beresiko, jika tidur tanpa jaminan dari Allah? Semoga Allah mudahkan langkah kita agar senantiasa istiqomah dalam membaca Surah Al-Mulk, terutama di malam hari sebelum tidur. Aamiin yaa Allah.




bottom of page